Posisi Menyusui Yang Benar

Posisi menyusui yang benar perlu diketahui terutama oleh ibu yang baru saja melahirkan. Terlebih lagi jika ibu baru saja melahirkan anak yang pertama maka tentu saja ibu akan mengalami kesulitan karena masih awam. Oleh karena itu sebaiknya ibu memahami benar cara menyusui yang benar. Ibu dapat belajar dari siapapun yang lebih berpengalaman dalam menyusui. Atau bisa juga ibu banyak mencari pengetahuan mengenai cara-cara menyusui dengan tepat agar ibu dapat melakukannya dengan baik. Dengan memperoleh pengetahuan tentang cara dan langkah untuk menyusui maka ibu dapat mempraktekkannya sehingga lama-kelamaan ibu akan menjadi terbiasa dengan proses menyusui bayi.

Pemberian ASI Eksklusif Minimal 6 Bulan

ASI memang merupakan makanan bagi bayi yang mengandung banyak gizi serta nutrisi penting dan jugasempurna. ASI merupakan kebutuhan utama bagi bayi dan memeiliki peranan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI pun disarankan secara eksklusif selama 6 bulan sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi bisa menjadi sempurna. Untuk memberikan ASI pun tentu saja ibu harus memperhatikan posisi bayi terutama saat sedang menyusu. Posisi menyusui yang benar perlu diperhatikan sebab posisi bayi saat menyusu sangatlah penting. Jika bayi menyusu dalam posisi yang tidak tepat maka bayi bisa saja tersedak. Kondisi ini bisa membahayakan bagi bayi dan kesehatannya.

Pastikan Bayi Nyaman

Saat menyusu sebaiknya bayi berada dalam kondisi yang rileks dan nyaman. Posisi kepala bayi haruslah lebih tinggi daripada posisi tubuhnya. Hal ini bertujuan agar bayi dapat lebih mudah menelan ASI yang diminumnya. Untuk memposisikan kepala bayi agar lebih tinggi daripada tubuhnya maka ibu bisa menyangga leher atau kepala bayi dengan menggunakan tangannya atau bisa juga mengganjalnya dengan menggunakan bantal. Langkah selanjutnya ibu bisa menempatkan hidung bayi agar sejajar dengan puting susu ibu. Hal ini perlu dilakukan agar bayi bisa lebih mudah terdorong untuk membuka mulutnya. Dengan posisi yang demikian maka bayi akan menyusu secara lebih rileks dan kondisi ini akan membuat bayi merasa nyaman dalam menyusu.

Baca Juga :  Minyak Telon Klasik Sampai yang Kekinian, Ini List nya!

Dekat Payudara Ibu

Selain itu ibu juga perlu mendekatkan bayi agar semakin dekat dengan payudara. Saat bayi mulai membuka mulutnya dan ingin menyusu maka segera dekatkan bayi pada payudara. Tunggulah pula hingga bayi membuka mulutnya dengan lebar dan posisi lidah telah terjulur ke arah bawah. Jika bayi belum melakukannya maka ibu dapat segera membimbing bayi secara perlahan dengan cara menyentuh bibir bayi di bagian bawah secara lembut. Setelah itu arahkan bibir atau mulut bayi ke bagian puting susu ibu. Tentu saja hal ini harus diikuti pula dengan posisi menyusui yang benar pada bayi sehingga bayi tidak akan tersedak saat sedang menyusu pada ibu.

Posisi menyusui yang benar memang kelihatannya sepele namun sebenarnya hal ini merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai buah hati kesayangan Anda memiliki posisi yang salah dalam menyusu. Adapun bila ibu terasa nyeri saat bayi sedang menyusu maka berarti ibu harus segera membenarkan posisi bayi saat menyusu. Setidaknya mulut bayi harus benar dan sesuai sehingga puting susu ibu tidak terasa sakit lagi. Bila puting susu sudah tidak terasa sakit lagi maka hal ini berarti bahwa posisi bayi saat menyusu sudah benar.